Ada apa dengan situs nikahsiri.com ?

Pernikahan adalah kebutuhan yang mendasar untuk seluruh manusia yang tinggal di Bumi. Karena setiap manusia pasti ingin memiliki keturunan. Sama-sama suka, sama-sama cinta itu kunci pertama dari sebuah pernikahan, selebihnya kita mengikuti aturan Agama dan Negara.

Dapat dipastikan setiap Negara memiliki peraturan yang berbeda kepada warganya terkait perkawinan. Misal di Indonesia, pada pasal 28B ayat 1 UUD 1945 menyebutkan :

“Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah”

Dari situ sangat jelas, bahwa Negara menjamin setiap warganya untuk melalukan pernikahan guna agar mereka bisa memiliki keturunan. Tapi perlu diingat, itu hanya peraturan yang masih umum, ada uu perkawinan yang mengaturnya. Saya tidak akan bahas lebih jauh mengenai uu perkawinan, karena point yang akan saya tulis disini mengenai nikah siri.

Bagi saya nikah siri itu mungkin sah jika dilihat dari sudut pandang agama, tapi nikah siri yang dilakuakn sesuai dengan prosedur nikah pada umumnya, misal adanya wali, saksi, dan pengulu. Untuk nikah sirih sendiri jika dilihat dari hukum Negara mungkin tidak sah, karena seseorang tersebut tidak mendaftarkan dirinya di KUA.

Kalau saya cermati persoalan nikah siri di Negara ini sepertinya mereka sedang bermain-main, bermain-main masalah cinta dan hanya untuk memuaskan hasrat pribadi. Bayangkan Nikah siri yang dilakukan di Indonesia acapkali dilakukan secara diam-diam, dan itu dapat membuat gejolak sosial. Ya kalau pernikahannya akan berlangsung lama, kalau hanya hitungan bulan atau tahunan, siapa yang akan jadi korban kalau bukan anak dari hasil nikah siri. Jadi fatal akhirnya, itu kenapa Negara megatur jika nikah harus tunduk sesuai hukum Negara dan Agama.

Kembali ke tajuk nikahsiri.com, saya rasa founder atau ide dari situs ini bisa dikatan cukup cerdik, belum lagi pembuat situs nikahsiri.com adalah lulusan S1 dari Inggris. Orang tersebut memanfaatkan peluang bisnisnya dengan kampanye untuk mengurangi perzinaan yang kian marak. Tapi tidak cukup disitu, niat baik belum tentu bisa diterima secara umum. Akhirnya situs dari nikahsiri.com telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Seperti dari acara ILC, tersangka berargumen bawah situ nikahsiri.com itu seperti biro jodoh, yang sifatnya hanya mempertemukan. Apakah betul seperti itu ? ternyata tidak. Disitu ada kategori “LELANG PERAWAN”, jika ada kategori itu berarti sudah termasuk dari perdagangan manusia “human trafficking”, dan itu sudah tindakan melawan hukum. Tidak cukup sampai disitu, banyaknya konten pornografi di konten situs ini, tamat sudah kena pasal UU ITE dan UU perdagangan manusia.

Saya rasa nikah siri di jaman sekarang hanya untuk memuaskan hasarat seseorang saja, bukan niat dari hati. Nikah siri bahkan seperti nikah kontrak. Sudah banyak kasus yang merasa dirugikan dari nikah siri, misal tidak di akui oleh Negara akhirnya tidak mendapatkan buku nikah, kalau tidak dapat buku nikah apa dampaknya ? ya orang itu bisa cerai kapan aja. Seolah-olah seperti sedang bermain. Jadi kalau mau nikah ya harus sah secara hukum Agama dan sah secara hukum Negara.

Begitulah kira-kira.

Rate this article!
Tags:
author

Author: