Apakah semua orang bisa menjadi Jokowi ???

Siapa sangka mantan pegawai BUMN PT KERTAS KRAFT ACEH ini telah menjadi no satu di Indonesia, berawal setelah lulus dari kuliahnya di UGM dan bekerja di perusahaan PT Kertas Kraft Aceh, karena tidak betah akhirnya Jokowi melepaskan diri dari pekerjaanya dan mencoba untuk membuka usaha kayu. CV Rakabu adalah CV pertama yang didirikan oleh Jokowi pada tahun 1998, dan nama Rakabu diambil dari nama anak pertamnya. Lambat laun usaha makin meningkat, di sekitar tahun 1990 untuk ekpansi usahanya akhirnya Jokowi mendapatkan modal sekitar 30 juta dari Ibunya. Hmmm, tahun 1990 uang sebesar 30juta itu besar banget loh, kalo sekarang mungkin ratusan juta bahkan milyaran. Dilansir dari wikepedia, kunci sukses usahanya adalah kejujuran dan kerja keras, sampai jokowi mendapatkan kepercayaan untuk berkeliling eropa.

Setelah sukses di Dunia bisnis, akhirnya Jokowi berniat untuk berkecimbung di Dunia politik. Jokowi memiliki cacatan sejarah panjang sebelum menjadi Presiden RI, berawal dari Walikota Solo.

Bahkan keberhasilan Jokowi di Periode pertama membuatnya menjadi walikota Solo untuk kedua kalinya di tahun 2010. Saat Pilgub di DKI tiba, saatnya Pak Jokowi berlabuh untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur jakarta, dengan modal hasil survey yang kecil akhirnya beliau bisa menjadi Gubernur Jakarta.

Baru menjabat dua tahun sebagai Gubernur karena ada sebagaian masyarakat yang menginginkan Jokowi menjadi Presiden Indonesia, akhirnya Ibu Mega mengusung Jokowi dan JK untuk maju di Pilpres 2014 beserta parati koalisinya. Jeng jeng singkat cerita, Jokowi bisa mengalahkan rivalnya saat itu Pak Prabowo. Suatu yang menarik menurut saya, karir politiknya berjalan mulus persis dengan karir bisnisnya. Tidak lain dan tidak bukan, semua karena kerja keras dan kejujuran, ingat Jokowi juga sering berkampanye “KERJA KERJA KERJA”, seperti kabinet yang sekarang sedang dipimpin bersama menteri-menterinya dengan sebutan Kabinet Kerja.

Seperti tajuk saya diatas, apakah semua orang bisa menjadi Jokowi ??? Jawabanya tidak bisa !!!, semua orang tidak  bisa menjadi Jokowi, tapi kita bisa meniru kunci sukses bisnisnya dan Karirnya, keseriusan dan terus berprosesnya di Dunia bisnis beliu bisa menggantarkan menjadi no 1 di Republik ini. Ini bukan persoalan mendukung Jokowi apa bukan, subtansinya adalah bagaimana dengan kerja keras dan kejujuran itu modal suksesnya semua orang, tidak hanya di Dunia bisnis, seandainya kalian sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau di kantoran, jika mengikuti kunci sukses dari Jokwoi dengan kerja keras dan kejujuran, mungkin kalian bisa cepat naik jabatan menurut saya.

Lantas apakah kita bisa menjadi Presiden seperti Jokowi ?? jawabannya bisa, seperti yang saya jawab diatas ! kenapa ? UUD kita menjamin bahwa semua warga Negara bisa Bernegara, semua orang memilik hak memilih dan dipilih.

Tapi perlu kita ingat, untuk menjadi calon seorang Presiden ada mekanisme-mekanisme yang harus dipenuhi, misal Calon Presiden harus diusung dari Partai politik atau gabungan partai politik. Semoga yang membaca tulisan ini, kelak suatu saat diberikan kesempatan untuk  menjadi pemimpin Negara ini, kalo bisa menjadi Presiden Indonesia yang ke sekian…. amin. Apakah anda berminat menjadi Presiden ?

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo

Tags:
author

Author: