Dicari pajak mbah Google !

Siapa sih yang tidak tahu google sebagai mesin pencari nomer satu di Dunia ? bicara google tentunya sudah tidak asing di telinga dan mata kita, bahkan hampir setiap hari kita membuka mesin pencari tersebut untuk mencari suatu informasi, dari seputar berita, info, tips, cerita, dll.

Hampir semua informasi ada di google, dari tingkat nasional maupun internasional, bahkan orang Indonesia sendiri menyebutnya sebagai “mbah google”, yang artinya kalau kita kurang mengerti suatu informasi tinggal cari aja di google, pasti google akan memberikan jawabannya. Tapi ada yang menarik pada mesin pencari tersebut, yaitu terkait pajak google.

Usut demi usut ternyata google memiliki pajak yang harus dibayarkan ke Indonesia yang begitu besarnya, dan google sendiri selaku menampik untuk membayar pajak ke Indonesia.

Google adalah perusahaan teknologi informasi yang berasal dari Amerika Serikat, dan google telah membuka kantor cabang di Indonesia dari sekitar tahun 2011, yang betepatan di Jakarta. Cabang google di Indonesia telah berstatus badan hukum, yang artinya ada kewajiban pajak yang harus dibayarkan. Lumayan loh jumlah yang harus dibayarkan, bisa buat nambah APBN Negara kita. Kan kita tahu, bahwa hampir setiap tahun APBN kita selalu defisit.

Berapa sih jumlah pajak yang google yang harus dibayarkan ke Indonesia ? dilansir dari CNN, pada tanggal 19 September 2016 jumlah pajak google untuk Indonesia sebesar 2,5 T. Lalu bagaimana apakah google bersedia untuk membayarnya ? jawabannya tidak, google menolak untuk diperiksa oleh Ditjen Pajak Indonesia. Alasannya sederhana, karena pajak di Indoensia terlalu mahal.

Padahal kalau kita tahu untuk pendapatan Google sendiri hampir puluhan Triliun. Tapi untuk membayar tunggakan pajak sebesar 2,5 T aja enggan untuk melakukannya. Ah payah ini google, maunya cari untung aja di Negara Indonesia, tapi untuk bayar pajak sungkan-sungkanan.

Baca ini : Pajak Saja Tembus Triliunan Rupiah, Google dapet duit dari mana ?

Tapi para penikmat pembaca yang masih setia sampai saat ini jangan kawatir. Pemerintah Indonesia telah melakukan negoisasi dengan google secara berulangkali dan matang, sampai menteri keuangan Indonesia Ibu Sri Mulyani belajar dari Negara inggris terkait gimana sih caranya agar google mau bayar pajaknya. Akhirnya negoisasi itu tidak menghasilkan isapan jempol, dan google bersedia untuk membayar pajak untuk Indonesia.

Dilansir dari detik.com, baru bulan Juni kemarin google telah membayar kewajiban pajaknya di Indonesia. Hal ini disampaikan Sri Mulyani di kediamannya, di Jalan Widya Chandra, Jakarta. Proses penagihan pajak dari google memang cukup panjang, harusnya perushaan sekelas google wajib taat bayar pajak, bukan menolak untuk membayar, ya kan ? salah satu perusahaan teknologi terbesar di Dunia gitu loh.

Google sendiri tentunya sangat butuh Indonesia untuk menjadi pasar, tau sendiri kan ada kurang lebih 250 juta rakyat Indonesia. Ya walaupun tidak semua menggunakan produk dari google, akan tetapi untuk google sendiri sudah menjadi sahabat kita, apalagi kalau kita butuh sebuah informasi yang kita kurang mengerti langsung tanya ke “mbah google”.

 

Sumber :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3528503/cerita-sri-mulyani-sukses-paksa-google-bayar-pajak

CNN Indonesia

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

One Response

  1. Pajak saja tembus Triliunan rupiah, Google dapet duit dari mana ? | Indonesia Beropini (IB)8 bulan ago

    […] akhirnya telah membayar pajak pada bulan Juni lalu, tetapi tidak semudah itu google membayar pajak yang begitu besar ke Pemerintah Indonesia. Bahkan jumlah pajaknya tembus di angka triliunan, lalu dari mana pundi-pundi yang diperoleh dari […]

    Reply

Tinggalkan Balasan