Bergayalah sesuai dengan kemampuan kita

Zaman sekarang adalah zamannya modern, kalau kita tidak ikut gaya zaman sekarang sering kita di cemooh oleh teman kita dengan sebutan ndeso, atau katro. Setelah di cemooh kita akan merasa malu, akhirnya berpikiran untuk beli barang yang kita inginkan. Misal kita ditakdirkan terlahir dari orang kaya mungkin tidak apa-apa, ada pengecualian disitu, kita tinggal bisa minta uang ke orangtua kita sendiri. Kalau kita terlahir di keluarga pas-pasan, apakah kita memaksa untuk hidup seperti orang lain ?

Menjadi diri sendiri itu suatu hal yang menarik, karena kita punya pendirian. Terlebih misal saya analogikan ke gaya hidup, kita tidak harus ikut gaya orang lain yang mewah. Bergaya boleh, tapi bergaya sesuai isi dompet kita dong.

Bayangkan jika kita terlahir sebagai orang biasa, bukan terlahir menjadi orang kaya seperti Chairul Tanjung, atau Abu Rizal. Kita termakan oleh arus modern, kalau gak pake HP merek terbaru bakal dikira gak keren. Mungkin sebagaian orang berpikiran demikian, tapi kalau kita tidak bisa untuk membeli, dan orangtua kita tidak punya uang untuk beli HP merek terbaru tadi, terus kita mau apa ? mau maksa orangtua kita suruh berhutang ? gak mungkin kan.

Arus modern memang tidak bisa kita hindarkan, tapi harus ada filter mana yang lebih prioritas. Karena kalau kita ikut arus modern bakal habis uang dan waktu kita, bakal stres pikiran kita kalau keinginan tidak terpenuhi, apalagi yang belum berpenghasilan sendiri, masih minta uang orangtua. Sekali lagi jangan kita memaksakan kehendak.Bagi saya hidup sederhana adalah suatu pilihan, tapi kalau kita mensyukuri kehidupan, hipup ini akan terasa nikmat.

Kalau kita bayangin kehidupan orang lain yang selalu bercukupan, bisa beli ini dan itu, dan kita merasa iri, itu wajar. Tapi iri disini gak harus kita punya barang seperti teman kita kan, ya mungkin mereka orang mampu, tetaplah bergaya sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Oh ya, belum tentu loh kalau kita lihat kehidupan orang lain sepertinya enak, itu kan kita lihat dari luarnya saja. Mungkin bisa jadi orang lain itu punya  masalah besar yang kita tidak tau. Jadi syukuri hidup kita aja.

Yang terpenting jangan pernah menyerah dengan keadaan. Lawan terus keterbatasan, kalau kita ingin menjadi seorang yang sukses ya kita harus bekerja keras. Kalau kita bekerja keras kan pasti kita bisa dapat uang tuh, nah jadi jangan sekedar meminta uang kepada orangtua. Tunjukan kepada semua orang bahwa kita bukanlah generasi manja.

Tags:
author

Author: