Ingin menjadi Arang (kurang sukses) atau Intan (sangat sukses) ?

Pada dasarnya Manusia memiliki potensi dan proses kerja yang berbeda, tapi mereka jarang juga tahu bagaimana untuk memaksimalkan potensi dan proses kerjanya. Tuhan itu sangat adil, tidak pernah Tuhan pilih kasih dengan satu manusia, atau dua manusia. Tetapi untuk menuju kesuksesan itu tergantung kita, setiap manusia memilki cara yang berbeda pula. Disini saya akan sedikit bercerita tentang kesuksesan dari setiap manusia, padahal kita terlahir dari unsur yang sama.

Kenapa tajuk diatas saya katakan Arang itu kurang sukses melainkan Intan sangat sukses ? sepintas, Arang dan Intan bagaikan Malam dan Siang, atau bagaikan si miskin dan si kaya. Kita tahu bahwa Intan adalah benda mulia, saking mulianya benda ini sangat mahal jika dijual. Coba kita bandingkan dengan arang, apakah arang memilki harga yang sama dengan intan ?. saya rasa kalian tahu jawabannya, mana yang lebih mahal dan mana yang lebih murah.

Coba kita jejerkan kedua benda tersebut. Arang yang bewarna hitam dan bentuknya kurang menarik, dan Intan memiliki pantulan cahaya yang syahdu, enak jika dipandang, diluar sana juga untuk mendapatkan arang sangat mudah, beda kalau kita ingin menemukan sebuah intan. Hanya tempat tertentu kita baru bisa menemukan sebuah intan.

Sungguh berbeda nasib kedua benda ini, uniknya walaupun kedua perbedaan itu masih ada satu yang memiliki persamaan. Yaitu berasal dari unsur yang sama “karbon”. Walaupun dari unsur yang sama, tapi kedua benda itu memiliki tekstur yang tak serupa. Misal Arang memiliki tekstur yang rapuh, dan Intan memiliki tekstur yang kuat.

Seperti saya katakan diatas, setiap manusia memilki potensi yang berbeda. Dan setiap manusia diciptakan dari unsur yang sama, apakah ada manusia di ciptakan dari api ? atau angin ? kita semua diciptakan dari unsur yang sama yaitu sperma dan ada yang menyebutkan setiap manusia diciptakan dari tanah. Intinya kita tercipta dari unsur yang sama. Persis seperti Arang dan Intan tadi, diciptakan dari unsur yang sama tapi memiliki nilai jual yang jauh berbeda.

Kalau kita tahu bahwa manusia diciptakan dari unsur yang sama, kenapa kesuksesan manusia itu berbeda ? kalau saya boleh jawab, karena kerja keras seseorang itu berbeda, tidak cukup kerja keras, tapi berdoa.

Arang dan Intan memang adalah benda mati, dan mereka tidak bisa untuk kerja. Tapi kedua benda tersebut memiliki proses yang berbeda. Sama seperti manusia, walaupun kita terlahir dari unsur yang sama, tapi kalau proses dan kerja kita berbeda, pasti akan terlihat ada yang memiliki nilai jual mahal, dan ada yang memiliki nilai jual kurang mahal.

Jadi kalian ingin menjadi Arang atau Intan ? Kesuksesan setiap manusia memang relatif, tapi kesuksesan yang saya maksudkan adalah kita tercukupi secara ekonomi, kita bisa menikmati Dunia dari jerih payah kita. Satu hal, jika kita semua sudah menjadi orang yang sukses, kita tetap bersyukur dan saling berbagi kepada orang lain, agar orang lain bisa sukses seperti kita. Amin.

Tags:
author

Author: