Kita harus memiliki tujuan hidup !

Manusia terlahir di Dunia harus memiliki perjalanan dan tujuan hidup. Mau apa besok saya nanti ? kira-kira itu pertanyaan dasar yang timbul di diri kira masing-masing. Terkadang kita malas dalam melakukan suatu hal, karena kita tidak punya tujuan. Akhirnya alam bawah sadar kita membalas ke otak kita untuk sungkan melakukan kegiatan itu.

Tujuan hidup adalah suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap orang. Tanpa tujuan hidup, kita hampa hidup di Dunia. Tak ada motivasi dan semangat pada diri kita. Maka tujuan hidup di Dunia itu perlu dibutuhkan di setiap orang.

Sedikit orang yang menuliskan tujuan hidupnya di atas kertas, padahal tulisan itu sangat berguna untuk kita. Agar suatu saat kita bisa termotivasi dengan apa yang sudah kita canangkan. Memang keliatan sepele, tapi memiliki power of reminder yang bagus. Kita disibukan dengan kegiatan, dan itu dilakukan secara berulang-ulang. Bisa dipastikan kalau kita tidak mengabadikan tujuan hidup kita bakal bisa lupa apa yang dulu kita pernah rencanakan.

Tujuan hidup disini kira-kira seperti cita-cita saat tua nanti, atau diumur berapa saya akan menikmati hidup saya di zona nyaman. Misalkan anda bekerja di suatu perusahaan, untuk pertama kali masuk anda akan jadi seorang karyawan. Tapi pertanyaannya apakah anda akan harus menjadi karyawan ? tidak kah anda berpikiran untuk menjadi seorang manager, atau direktur di perusahaan yang anda bekerja.

Tujuan hidup adalah hak masing-masing setiap orang, dan setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda. Dan hanya diri anda sendiri yang tau tujuan hidup anda. Anda mungkin bisa berkonsultasi dan minta solusi dengan orang terdekat anda, bagaimana cara untuk “goal” agar tujuan hidup anda tercapai.

Tapi sangat disayangkan jika hidup di Dunia hanya begitu-begitu saja. Maka anda perlu perjalanan yang jelas, dan ukuran yang jelas agar tujuan hidup anda bisa tercapai. Pada perjalanan untuk menuju tujuan hidup memang banyak lika-likunya, misal penyakit yang paling sering di setiap manusia adalah “MALAS”, jangan salahkan malas, karena setiap manusia pasti pernah malas. Yang jelas, anda bisa meminimalisir rasa malas anda. Kalau anda setiap hari malas, mau sampai kapan kita akan menjadi orang yang sukses.  

Bung Karno pernah berkata,

Gantungkan cita-citamu setinggi langit ! berimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.

Kalau saya bisa tafsirkan kata bijak dari Bung Karno ialah kita harus punya cita-cita setinggi apapun, siapapun anda, seberapa banyak ilmu dan harta anda, kita memiliki hak yang sama agar kita bisa mempunyai cita-cita saat hidup di Dunia. Jika cita-cita anda tidak tercapai, maka bisa dipastikan anda akan jatuh tidak jauh dari cita-cita anda. Sebagai umpama anda ingin menjadi seorang pebisnis retail dengan harapan memiliki 10 gerai, karena kerja keras anda kurang maksimal mungkin baru terlaksana hanya memiliki 8 gerai. Artinya tidak meleset terlalu jauh, yang tadinya anda berharap memiliki 10 gerai, tapi anda baru terlaksana sebanyak 8 gerai.

Pendek cerita, jangan pernah sungkan untuk menulis tujuan hidup kita. Sekali lagi, yang saya maksudkan tujuan hidup disini ialah cita-cita. Kalau anda berpikiran tujuan hidup anda untuk mencari pahala untuk di akhirat, atau membahagiakan kedua orangtua anda itu bukan lah sebagai tujuan hidup. Tapi itu sebagai keharusan setiap orang, untuk mencari pahala atau bisa membahagiakan kedua orangtua anda.

Jangan lupa untuk berdoa, teruslah berdoa kepada kepercayaan anda masing-masing. Kalau anda berdoa, bisa dipastikan tujuan hidup anda akan cepat terlaksana. Dan sekali lagi, kita syukuri hidup kita sekarang. Agar Tuhan masih senantiasa masih memberikan rezekinya kepada kita semua. Amin.

Rate this article!
Tags:
author

Author: