Memilih tipe mahasiswa yang lebih bermanfaat

Menjadi mahasiswa adalah salah satu keinginan para peserta didik di tingkat SMA, biasanya mereka yang masih duduk di bangku sekolah bingung mau apa setelah lulus nanti. Mau bekerja, buka usaha, atau kuliah. Jika anda mengambil untuk kuliah, tentunya anda akan menjadi seorang mahasiswa.

Tapi ada yang penting dari arti mahasiswa itu sendiri, jika anda menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, makan anda akan kehilangan moment semasa kuliah. Padahal kalau kita mau explor lebih jauh, bahwa sebenarnya menjadi mahasiswa itu benar-benar menyenangkan.

Ketika sudah menjadi mahasiswa biasanya anda akan bingung untuk membentuk mahasiswa seperti apa, mahasiswa yang hanya main-main saja ? atau mahasiswa yang sekedar cari ijazah saja ?

Bagi saya ada empat tipe mahasiswa di Indonesia, bahkan Dunia, hehee.

Pertama ada mahasiswa kupu-kupu, kedua ada mahasiswa kuda-kuda, ketiga ada mahasiswa kura-kura, dan keempat ada mahasiswa kunang-kunang. Kok di analogikan nama hewan semua ???

Sabar, itu hanya singkatan saja, mahasiswa tetap mahasiswa, bukan hewan kok. Hehee.

Apa sih itu mahasiswa kupu-kupu ? kupu-kupu disini adalah singkatan dari kuliah pulang kuliah pulang, artinya mahasiswa ini tidak ada yang dibanggakan di setiap kegiatan di kampusnya. Ya, wong cuman kuliah habis itu pulang ke kos atau kontrakan, kalau gitu-gitu saja sampai lulus ya bakal kurang berpengalaman tipe mahasiswa ini.

Lalu kedua ada mahasiswa kuda-kuda, kuda-kuda disini adalah kuliah dagang kuliah dagang. Tipe mahasiswa ini adalah tipe mahasiswa yang pekerja keras. Menjadi mahasiswa memang harus priatin, kasihan orangtua juga kan kalo kita ga hidup priatin. Untuk menambahkan uang jajannya, mahasiswa ini lebih memilih untuk berdagang. Misal jual pulsa, jadi reseller produk, dll.

Yang ketiga ada tipe mahasiswa kura-kura, kura-kura disini adalah kuliah rapat kuliah rapat. Mahasiswa seperti ini adalah mahasiswa yang aktif di kampus untuk ikut organisasi, atau ikut organisasi dari daerahnya. Mahasiswa tipe ini biasanya dikenal dengan mahasiswa yang kritis, hobi kritik pemerintahan, ikut demo, pandai berucap, dan pandai menganalisis.

Dan yang terakhir adalah mahasiswa kunang-kunang, kunang-kunang adalah kuliah nangkring kuliah nangkring, seperti namanya kunang-kunang yang keliatan di malam hari. Tipe mahasiswa ini biasanya hobi betul nongkrong di cafe atau di tempat kopi. Ngerumpi sampai larut malam, bahkan sampai pagi hari.

Jika dari keempat tipe mahasiwa tadi, mana yang paling bermanfaat ?

Bagi saya semuanya punya poin positif dan negatif, tinggal bagaimana anda membagi waktu sesuai porsinya. Misal anda hanya kuliah lalu pulang saja, waktu selama kuliah anda akan hambar. Tidak pernah ikut kegiatan di internal kampus, atau di eksternal kampus akan minim pengalaman. Terlebih cuman tiduran di kamar, ya sudah bakal gitu-gitu saja hidupnya. Kalau anda lakukan hal ini utuk beristirahat itu adalah ide bagus.

Yang baik menurut saya ialah bisa menjadi mahasiswa yang banyak kegiatan, entah itu disambi dagang atau rapat. Karena kedua tipe mahasiswa ini akan terlatif softskill secara alamai , dan softskill ini tidak ada diajarkan didalam kampus. Anda kuliah disambi dengan berdagang, anda akan menjadi calon wirausahawan muda yang berbakat, bahkan setelah lulus nanti anda bisa membuka perusahaan sendiri.

Jika anda aktif di organisasi, anda akan menjadi calon seorang leader. Bagaimana tidak, akan biasa dihadapi dengan banyaknya ide, gagasan, dan pemikiran. Anda akan terlatih dalam pengambilan keputusan. Tidak semua ide dijalankan, maka anda bisa bersuara untuk memilih ide, gagasan, dan pemikiran mana yang akan diputuskan.

Anda seorang yang aktif di organisasi, dan anda suka berjualan saat mahasiswa. Dijamin anda akan menjadi orang hebat, selain anda terbiasa menjadi mahasiswa yang bekerja keras, anda akan terbiasa dalam kerja cerdas. Ya cerdas dalam memilih waktu untuk kuliah, berdagang, dan berorganisasi.

Untuk mahasiswa yang hobinya nongkrong di cafe atau warung kopi itu sah-sah saja. Jika anda tidak melakukan hal ini setiap hari, selain uang jajan anda boros, waktu anda akan terbuang sia-sia. Kan namanya mahasiswa tentunya ada tugas kuliah yang seabrek kan ? kalau kebanyakan nongkrong di luar lalu kapan anda akan garap tugasnya ??

Sebenarnya nongkrong saat menjadi mahasiswa itu memang hal yang menyenagkan, tapi kita jangan terlena dengan hal yang menyenagkan. Karena kita punya tanggungjawab untuk kuliah, mungkin sebulan cukup dua kali atau tiga kali, dan itu sifatnya hanya refresing saja. Kalau kita bingung untuk refresing dari pada kita nongkrong di cafe, keluar uang, mending kita bisa dengerin lagu favorit kita.

Jadi jangan sungkan-sungkan untuk aktif di organisasi saat menjadi mahasiswa, bakal ada banyak manfaatnya, apalagi bisa disambi untuk berdagang. Kalau anda bingung dan sedang merasa bosan di kos, mungkin anda bisa ajak teman kos anda atau kampus anda untuk nongkrong bersama, tapi jangan lupa waktu, karena kewajibang kita kuliah, ingat orangtua dirumah ya.

Tags:
author

Author: