Tips mencari pekerjaan untuk anda yang baru lulus kuliah

  1. Kunjungi career center di kampus anda

Career Center adalah tempat untuk saling berbagi dalam lingkup pekerjaan, biasanya di setiap Universitas menyediakan Career Center untuk para Mahasiswa yang ingin mencari sebuah pekerjaan. Jika kalian bingung ingin mencari sebuah pekerjaan, mungkin kalian bisa konsultasi dengan orang yang berkompeten di tempat ini, kalian bisa tanya terkait gaji, pekerjaan yang anda sukai, lowongan perusahaan, dll. Dan pada Career Center tidak dipungut biaya sama sekali.

 

  1. Bangun kembali jaringan anda dengan setiap orang

Jaringan pada setiap orang pasti berbeda, tentunya kita tidak bisa sendiri untuk mencari sebuah informasi. Disini fungsi dari jaringan pada lingkungan anda adalah untuk menyampaikan informasi yang anda butuhkan. Misal anda punya teman atau keluarga yang sedang bekerja pada perusahaan tertentu, mungkin perusahaan itu sedang membuka lowongan pekerjaan, disini jika anda dekat dengan teman atau saudara kalian informasi ini bisa menjadi kabar baik untuk anda.

 

  1. Hadiri Jobfair

Memang Job Fair tidak selalu diadakan setiap hari, tapi jika anda menghadiri sebuah jobfair, anda akan menemukan banyak lowongan perusahaan disini. Ibarat pasar atau minimarket, anda bisa memilih pekerjaan mana yang anda sukai. Jobfair biasa dilakukan di kota-kota besar, walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga di kota kecil, maka jangan sungkan-sungkan untuk ikut jobfair. Tanyakan pada saudara anda atau teman anda yang tinggal di perkotaan, siapa tau akan ada jobfair yang akan dibuka.

 

  1. Ambil Program Magang

Pada setiap kampus dan pada setiap jurusan tertentu, biasanya memberikan kebijakan magang untuk setiap Mahasiswanya. Fungsi dari program magang adalah memperkenalkan dunia pekerjaan pada setiap mahasiswa. Jika anda pernah mengikuti program ini, maka softskill anda akan lebih baik dengan mahasiswa yang belum pernah mengikuti program magang. Disisi lain anda punya pengalaman pekerjaan, anda bisa ditarik oleh perusahaan yang bersangkutan jika anda memenuhi kualifikasi dari perusahaan dan dianggap mampu menduduki formasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang anda jadikan tempat untuk magang.

 

  1. Bersedia di tempatkan dimana aja

Biasanya pada setiap lowongan disyaratkan untuk bersedia ditempatkan dimana aja, fungsinya adalah jika anda dibutuhkan perusahaan dicabang lain, maka anda sudah siap secara mental. Maka anda jangan menolak kesempatan ini, karena jika anda bersedia ditempatkan dimana saja, maka akan menjadi poin plus untuk anda.

 

  1. Berdoa

Buat apa kita bekerja keras tetapi kita tidak pernah berdoa dengan sang pencipta. Untuk ini jangan anda lupakan, karena doa adalah bagian terpenting dalam sebuah kehidupan. Maka untuk meminta apa yang kita inginkan, misal bekerja dimana, minta digaji seberapa, tetaplah berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Tags:
author

Author: