Jonru Ginting dilaporkan ke Polisi, begini tanggapan Jonru

Beberapa hari lalu di acara ILC Jonru sempat unjuk gigi, dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa Para pendukung Pemerintah dan oposisi Pemerintah. Saya berani katakan seperti itu karena mereka memang selalu mengkritik pemerintah dengan getolnya, dan yang satu begitu mengelu-elukan pemerintah Pakde Jokowi, bagiku itu wajar ini lah iklim demokrasi.

Jonru yang sangat terkenal dengan tulisan-tulisanya membuat beberapa kalangan merasa terusik, mungkin dengan cara itu Jonru bisa menyuarakan isi apa yang ada di kepalanya. Orang seperti Jonru di Indonesia tidak hanya satu, misal di kubu Pemerintah ada Ade Armando, ia yang berprofesi sebagai dosen di UI sering menuliskan status di sosial media dengan kontroversi. Tapi bedanya Ade Armando orang mendukung Pakde Jokowi, sedangkan Jonru sebagai oposisi Jokowi.

Jonrul Ginting dilaporkan ke Polisi diduga telah melakukan ujaran kebencian, ia dilaporkan oleh pengacara bernama Muannas Al Aidid ke Polda Metro Jaya pada Kamis (31/8/2017). Dilansir dari kompas.com, bahwa Muannas AL Aidid meminta untuk pihak kepolisian segera memproses laporan yang dibuatnya itu. Menurut Muanas, Jonrul sering melakukan penyebaran ujaran kebencian di sosial media, dan itu bisa mempecah belahkan Bangsa Indonesia.

Atas laporan yang dilakukan oleh Muanas tidak membuatnya gentar oleh Jonru Sendiri, bagi Jonru hal seperti sudah biasa. Bahkan menurut Jonru, sudah ada beberapa pengacara papan atas yang siap membela Jonru Ginting.

Kalo Jonru Ginting dituduh melakukan ujaran kebencian, bagaimana kasus Viktor Laiskodat ya ? saya sih menolak lupa, bagaimanapun Equality Before The Law harus benar-benar ditegakan, harus !

Itulah postingan yang dilakukan oleh Jonru di akun sosial media Facebook, Jonru menganggap dirinya tetap merasa tidak salah. Dan Jonru sendiri sedang membela kebenaran dengan cara dia sendiri.

Lebih lanjut, memang Bangsa kita sedang dilanda krisis toleransi, seringnya memfitnah sana-sini. Bagaimanapun bentuknya fitnah adalah perbuatan yang keji, apalagi memfitnah ditambah dengan ujaran kebencian dan provokatif.

Saya sebagai penulis memang tidak setuju dengan penyebaran ujaran kebencian, ujarang kebencian yang dilakuakan secara terus menerus bisa membuat perpecahan Bangsa. Entah itu di pihak Pemerintah atau di pihak oposisi pemerintah. Menyampaikan informasi dengan benar adanya adalah suatu pendidikan yang paling mendasar, kita duduk di bangku Sekolah tidak pernah diajarkan untuk memfitnah, menyebarkan ujaran kebencian, memberitakan berita hoax.

Sering kita dengar dengan kalimat “Kebohongan jika dilakukan hanya sekali itu masih dianggap kebohongan, jika kebohongan dilakukan berkali-kali akan dianggap sebuah kebenaran”, itu sebuah warning untuk kita semua. Agar kita tetap dewasa dalam mengkonsumsi berita yang beredar, termasuk tulisan ini, silahkan anda bertabayun.

 

 

 

Sumber :

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/09/01/04121281/jonru-ginting-dilaporkan-ke-polisi-atas-tuduhan-ujaran-kebencian

https://www.facebook.com/jonru.page/?fref=ts

Tags:
author

Author: