Paling enak jadi komisaris Independen, kok bisa ?

Paling enak jadi komisaris Independen BUMN, ya ga enak dari mana, wong belum tentu tau tentang BUMN aja bisa dilantik jadi komisaris independen. Sudah menjadi rahasia umum mantan timses atau relawan Presiden lalu di poskan di posisi komisaris Independen, saya bukan sok tau mengenai hal ini, tetapi itulah fakta. 5 bulan pasca dilantiknya Presiden Jokowi, sudah ada 16 orang mantan timses dilantik, tentutnya jadi komisaris, bukan menteri atau perjabat setingkat menteri lainnya.

Saya cukup sering mengKEPO isi Annual Report dari beberapa perusahaan plat merah, dari Profil Board of Director, Board of commissioners, Financial Statement, Profil compnay, dll. Ada yang paling menarik menurut saya dari isi annual report tersebut pada profile jajaran komisarisnya, ternyata banyak Politisi atau Politikus yg diposkan disitu.

Misal pada komisaris Independen ADIKARYA, perusahaan besar kontraktor tsb ada salah satu mantan timses presiden Jokowi, yang dulu pengkritik ulung di era SBY, saya tdk akan sebut nama, tapi ya itu realita, alumni S3 dibidang Ilmu Politik telah mengabdi untuk perusahaan plat merah.

Oh ya, komisaris Independen ADIKARYA di Era SBY adalah salah satu orang yang mengkritik keras kebijakan Pemerintah Era SBY, melainkan sekarang beda, bahkan sangat mendukung dan tidak sedikitpun untuk kebijakan dari Pak Presiden Jokowi itu sendiri.

Ada yang menarik menurut saya terkait cuplikan isi kompas :

“Sukardi Rinakit menolak jabatan Komisaris BTN karena merasa tidak punya kemampuan di bidang perbankan. Selama ini, dia dikenal sebagai pengamat politik. Dia pun lebih memilih menjadi staf khusus Menteri Sekretaris Negara bidang politik dan pers”.

Lebih lanjut, Sukradi Rinakit adalah mantan timses Jokowi, artinya apa ? artinya kalo mau jadi komisaris independen ya harus jadi timses Presiden dulu, lalu dapat gaji diatas 1 M pertahun, enak kan ?? Ya, walaupun saya menyadari tidak semua komisaris Independen BUMN dari orang yang pernah berkeringat untuk kemenangan Presiden, tapi juga ada dari kalangan profesional, akan tetapi masih banyak juga tim sukses yang tidak kejatah dalam jabatan lalu di poskan di jabatan Komisaris Independen. 

So, komisaris Independen pada BUMN yang ditunjuk Presiden kebanyakan terafiliasi dengan partai pendukung hingga memiliki hubungan dengan lingkar Istana, jangan Baper yang dulu pernah jadi mantan timses tapi keringetnya blm dibayar dijajaran menteri, masih ada kursi di Komisaris Independen BUMN kok. Anda minat jadi tim sukes atau relawan untuk Presiden ???

 

Sumber :

http://ekonomi.kompas.com/read/2015/03/20/123100626/Ini.Politisi-Relawan.yang.Jadi.Komisaris.BUMN

http://nasional.kompas.com/read/2015/04/12/11412621/16.Politisi.dan.Relawan.Jokowi.Jadi.Komisaris.Bahaya.Menanti.BUMN

Tags:
author

Author: